Kamis, 03 Juni 2010

Dalil Shalawat Nabi (Muhammad saw).

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam kepadanya.” QS. Al Ahzab: 56

Abdullah bin Amru bin Al-‘Ash ra. telah mendengar Rasulullah Muhammad saw bersabda: “Siapa yang membacakan shalawat untukku satu kali, Allah swt akan menurunkan rahmat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim)

Ibnu Mas’ud ra. berkata: Rasulullah Muhammad saw bersabda: “Orang yang terdekat kepadaku pada hari kiamat ialah yang terbanyak membaca shalawat kepadaku.” (HR. At Tirmidzi)

Aus bin Aus ra.berkata: Rasulullah Muhammad saw telah bersabda: “Sebaik-baik hari ialah hari Jum’ah, maka perbanyaklah shalawat di hari itu, karena bacaan shalawatmu itu dihidangkan kepadaku”. Sahabat bertanya: “Bagaimanakah dihidangkan shalawat kami sedangkan engkau telah menjadi tanah bubuk?” Bersabda Nabi Muhammad saw: “Sesungguhnya Allah swt mengharamkan atas bumi memakan jasad para Nabi.” (HR. Abu Dawud)

Abu Hurairah ra. berkata: Rasulullah Muhammad saw bersabda: “Sungguh rendah dan hina, kecewa orang yang mendengar namaku disebut lalu ia tidak membaca Shalawat kepadaku.” (HR. At Tirmidzi)

Abu Hurairah ra. berkata: Rasulullah Muhammad saw bersabda: “Jangan kamu jadikan kubur (makam) ku sebagai tempat perayaan, dan bacakan shalawat untukku, maka bacaan shalawatmu itu akan sampai kepadaku dimana saja kamu berada.” (HR. Abu Dawud)

Abu Hurairah ra. Berkata: Rasulullah Muhammad saw bersabda: “Tiadalah seorang yang mengucapkan salam kepadaku, melainkan Allah swt akan mengembalikan ruhku hingga dapat menjawab salam.” (HR. Abu Dawud)

Ali ra. berkata: Rasulullah Muhammad saw bersabda: “Orang bakhil (kikir) yaitu yang disebut namaku kepadanya lalu ia tidak membaca shalawat untukku.” (HR. At Tirmidzi)

Fadhalah bin Ubaid ra. berkata: Rasulullah Muhammad saw mendengar seorang berdoa dalam sholat dengan tidak lebih dahulu memuji Allah dan membaca shalawat atas Nabi saw, maka Rasulullah Muhammad saw bersabda: “Keburu orang itu, kemudian Nabi saw memanggilnya dan berkata: ‘Jika shalat salah satu kamu hendaknya memuji kepada Allah swt kemudian membaca shalawat Nabi saw, kemudian berdoa sekehendaknya.” (HR. Abu Dawud dan At Tirmidzi)

Ka’ab bin Ujroh ra. berkata: Ketika Nabi saw keluar kepada kami, kami bertanya kepadanya: “Ya Rasulullah, kita telah mengerti mengucapkan shalawat kepadamu, maka bagaimanakah membaca shalawat atasmu?” Jawab Nabi Muhammad saw: “Bacalah: Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shalaita ‘ala Ibrahim innaka hamidun majid. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama barokta ‘ala ali Ibrahim innaka hamidun majid.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Abu Mas’ud Albadry ra. berkata: Ketika kami berada di majelis Sa’ad bin Ubadah, tiba-tiba Rasulullah saw datang kepada kami. Maka ditanya oleh Basyir bin Sa’ad: Allah swt memerintahkan kami bershalawat atas engkau ya Rasulullah, maka bagaimanakah cara membaca shalawat itu? Rasulullah saw diam sejenak, hingga kita merasa khawatir kalau-kalau pertanyaan itu salah, tetapi kemudian Nabi saw bersabda: Allahumma shalli ‘ala Muhammadin wa ‘ala ali Muhammad kama barokta ‘ala ali Ibrahim innaka hamidun majid. Dan salam sebagaimana yang telah kamu ketahui. (HR. Muslim)

Abu Humaid Assa’idy ra. berkata: Sahabat bertanya: Ya Rasulullah saw bagaimanakah membaca shalawat atasmu? Jawab Nabi Muhammad saw: Bacalah, Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali azwajihi wa dzurriyatihi kama barokta ‘ala Ibrahim innaka hamidun majid.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadits-hadits di kutip dari kitab Riyadhus Shalihin II



SUMBER : KAWASAN PECINTA ALLAH DAN RASULL NYA

2 komentar:

  1. Mohon maaf sekedar ikut nimbrung dan berbagi amalan sehari-hari

    DZIKIR SEHARI-HARI

    Bacaan dzikir untuk sehari-hari, yang terdiri dari bacaan dasar berdzikir kepada Allah, kalimat toyyibah, dan shalawat nabi yang mempunyai banyak manfaat jika diamalkan setiap hari. Dari pagi hari, sampai malam hari.

    Karena Allah berfirman:

    Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), sebutlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (seperti biasanya). Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. "(QS. Annisa : 103).

    Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam kepadanya. (”QS. Al Ahzab: 56).

    Bacaan Dzikirnya:

    Bacaan Lafal Jalalah (bacaan dasar berdzikir pada Allah)
    الله
    Allah
    Allah
    Bacaan Istighfar (untuk mohon ampunan kepada Allah)
    اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ
    Astaghfirullah hal adzhiim
    Saya mohon ampun kepada Allah yang maha agung
    Bacaan Tahmidz (untuk pujian & syukur kepada Allah)
    اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
    Alhamdulillahi rabbil ‘alamiin
    Segala puji bagi Allah tuhan semesta alam

    Bacaan Tasbih (untuk mensucikan Allah)
    سُبْحَانَ اللهُ
    Subhanallah
    Maha suci Allah
    Bacaan Takbir (untuk kebesaran Allah)
    اللهُ اَكْبَرُ
    Allahu akbar
    Allah maha besar
    Bacaan Tahlil (untuk meyakini Allah)
    لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ
    La ilaha illallah
    Tidak ada tuhan selain Allah

    Bacaan Shalawat (untuk salam penghormatan kepada nabi):


    صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ
    Shallallau ‘alaa muhammad
    Shalawat Allah kepada Muhammad
    اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّدٍ
    Allahumma shalli wasallim ‘alaa muhammad
    Ya Allah limpahkanlah kesejahteraan dan kedamaian kepada Muhammad
    اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلى الِ مُحَمَّدٍ
    Allahumma shalli ‘alaamuhammad wa ‘alaa aali muhammad
    Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan kepada Muhammad, dan kepada keluarga Muhammad

    Bacaan Bismillah (untuk segala hajat) :

    بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
    Bissmillahirrahmanirrahiim
    Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang

    Bacaan Tarji’ / Istirja’ (untuk kesabaran) :

    اِنَّا للهِ وَاِنَّا اِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ
    Innalillahi wainna ilaihi raaji’uun
    Segala sesuatu datangnya dari Allah dan pasti akan kembali kepadanya
    Bacaan Hauqolah (untuk pertolongan, dan keselamatan) :
    لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
    Lahaulawa quwwata illa billahil ‘aliyyil adzhiim
    Tiada daya upaya dan kekuatan kecuali atas izin Allah yang maha mulia lagi maha agung

    Dianjurkan dibaca setiap hari, baik setelah shalat wajib, atau di saat senggang yang lainnya. Secara langgeng / istiqomah, minimal sebanyak 100x kali dalam sehari, sedikit demi sedikit. Agar mendapatkan pahala dan hikmah dari Allah.swt.

    Mudah-mudahan bermanfaat

    BalasHapus
  2. Asslmmkm wr wb, mbak Huznul, makasih ya, catetan di atas saya copy utk saya amalkan. Mudah2an berkahnya bukan hanya buat saya tapi juga buat mbak huznul yg telah berbagi keimanan denganku. Alhamdulil'Lah sekarang, pada usia 71, saya dpt petunjuk utk lebih beriman daripada tidak sama sekali. Anda telah membantu saya utk sadar, semoga bagimu dibalasin dgn se-baik2 balasan yg berlipat ganda. Aamien.

    BalasHapus