Kamis, 12 Januari 2012

CARA MEMBUAT WBS APLIKASI E-COMMERCE PADA UZNUL PARSEL MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL

Langkah awal yaitu menentukan ude perancangan website.

Struktur navigasi website digunakan untuk menggambarkan secara garis besar isi dari seluruh website. Pada aplikasi website ini, struktur yang digunakan untuk halaman pada user adalah struktur navigasi composite/campuran yaitu campuran dari struktur navigasi linear dan non linear, dikatakan Linear karena untuk menu tertentu (contoh : menu Link) tidak terdapat percabangan dan untuk masuk ke halaman tertentu terlebih dahulu harus masuk ke halaman sebelumnya, sedangkan dikatakan non linear karena pada menu tertentu terdapat percabangan dan tiap halaman percabangannya memiliki kedudukan yang sama artinya tidak terdapat master page (halaman utama satu) dan slave page (halaman pendukung). Contoh : pada halaman Kategori, di dalam menu ini terdapat percabangan dan jika telah masuk ke dalam salah satu halaman percabangan (Data Parsel), kemudian ingin masuk ke halaman lain yang memiliki kedudukan yang sama (Beli Parsel atau yang lainnya), hal itu dapat langsung dilakukan tanpa harus balik ke halaman utama.

Struktur Navigasi merupakan alur yang digunakan dalam perancangan halaman. Sebelum membangun website terlebih dahulu kita menentukan struktur navigasinya agar penyampaian informasi dapat lebih mudah dan terarah. Selain itu struktur navigasi juga mengambarkan hubungan antara halaman yang satu dengan halaman yang lain. Pada website e-commerce uznul parsel ini struktur navigasi yang digunakan adalah struktur navigasi non linear.

Pada struktur navigasi non linear tiap – tiap percabangan memiliki kedudukan yang sama sehingga tidak ada master page. Sehingga masing – masing halaman dapat link kemana saja tanpa harus berpindah dulu ke halaman lain.

Rancangan tampilan diperlukan secara mutlak di dalam proses pembuatan aplikasi halaman web. Interface atau yang lebih di kenal dengan antar muka merupakan tampilan awal dari website dimana user dapat berinteraksi langsung dengan website. Di dalam antar muka website terdapat beberapa konten yang dapat diakses dan digunakan oleh visitor maupun member secara langsung.

Perancangan Tampilan Halaman User

Dalam perancangan website Uznul Parsel Online halaman yang disediakan untuk tampilan FrontEnd-nya adalah sebagai berikut :.

1. Rancangan halaman Home

2. Rancangan halaman Kategori

3. Rancangan halaman Produk Yang Dilihat

4. Rancangan halaman Daftar Belanja

5. Rancangan halaman Informasi

6. Rancangan halaman Produk Baru

7. Rancangan halaman Produk Diskon

8. Rancangan halaman Toko Kami

9. Rancangan halaman Contact Us

10. Rancangan halaman Site Map

Halaman ini adalah halaman yang akan menjadi halaman pembuka dari website ini, yang akan menjelaskan secara umum isi dari website Uznul Parsel Online ataupun dapat berisi kata pengantar.

Setelah rancangan selesai dibuat selanjutnya membuat UML

Diagram Kelas (Class Diagram)
• Diagram yang di gunakan untuk menampilkan beberapa kelas serta paket-paket yang ada dalam system/perangkat lunak yang sedang kita kembangkan.
• Diagram kelas(Class Diagram) memberi kita gambaran ( diagram statis ) tentang system atau perangkat lunak dan relasi – relasi yang ada didalamnya.

Pada website ini terdapat database yang saling terhubung dan digambarkan oleh class diagram. User akan dapat melakukan pemesanan dengan memiliki kesamaan id_user pada table user dan pesanan. Rinci pesanan akan menyimpan jumlah produk yang telah dipesan dengan kesamaan nama_produk pada table rinci_pesanan dan table produk. Setiap produk yang ada pada website ini dibagi atas kategori – kategori tertentu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar